kebanggaan terbesar dalam hidup ... bukan karena tidak pernah gagal, tetapi bagaimana bangkit setiap kali jatuh

Rabu, Juni 10, 2009

Manfaat Teh




Sumber1 : premasai.wordpress.com
Banyak alasan kenapa orang minum teh. Jika anda punya kebiasaan itu,teruskan saja. Ada 8 manfaat yang terkandung dalam satu cangkir teh. Apa saja ?

1. Antioksidan dalam teh dapat melindungi tubuh dari efek polusi dan penuaan dini

2. Mengandung sedikit kafein. 1/8 cangkir kopi mengandung 135 mg kafein, sementara 1 cangkir teh hanya mengandung 30-40 mg kafein sehingga tidak membuat sakit kepala atau susah tidur

3. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Teh membuat peredaran darah lancar dan bersih. Hasil studi di Belanda memperlihatkan, orang yang minum 2-3 cangkir teh hitam perhari memiliki sedikit resiko serangan jantung daripada yang tidak pernah minum teh.

4. Perkuat tulang. Ternyata bukan hanya kalsium susu yang membuat tulang anda kuat, orang yang rutin minum teh memiliki massa tulang lebih padat.

5. Putihkan Gigi. Anggapan teh bisa membuat gigi nampak kusam rupanya tidak benar, sebab ternyata teh mengandung fluoride untuk mengusir karang gigi. Lebih bagus lagi jika seusai menggosok gigi, anda berkumur dengan teh tanpa gula.

6. Cegah Infeksi. Kandungan teh bisa memperkuat sistem kekebalan dan menangkal serangan infeksi.

7. Atasi kanker. Zat antioksidan bernama polyphenols yang ada dalam teh dapat memerangi kanker.

8. Bebas kalori. Tanpa tambahan pemanis, gula atau susu, teh tetap bebas kalori.

Dengan begitu, teh bagus dikonsumsi bagi orang yang berdiet atau yang ingin mempertahankan berat badan. Coba konsumsi teh hijau sekitar 4 cangkir per hari. Itu dapat membakar lebih dari 80 kalori yang tertimbun di tubuh.

Sumber2 : lifestyle.okezone.com
KARENA segudang manfaatnya, teh hijau kian diminati masyarakat urban. Gerai-gerai kopi ternama pun tak ragu untuk menyelipkan teh hijau di dalam menu.

Berbagai studi telah mengungkap berbagai manfaat daun teh hijau kering yang mengandung 40 persen polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini diyakini menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas.

Mengonsumsi teh hijau secara rutin sangat disarankan untuk membersihkan tubuh dari toksin dan mempertahankan struktur sel yang sehat. Sehabis bangun, saat santai sepulang kerja, saat mengobrol dengan teman atau keluarga, bahkan sambil mengetik laporan di kantor. Berikut lebih lengkap manfaat yang bisa didapat dari teh hijau:

Membuat Tubuh Rileks

Sebagai senyawa yang mudah diserap oleh usus, teanin akan cepat berinteraksi dengan neurotransmitter di otak untuk memberikan efek terhadap kondisi emosi dan keadaan mental seseorang. Teanin melepas neurotransmitter sehingga dapat memberikan perasaan senang dan memperbaiki mood.

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dalam teh hijau berkhasiat menjauhkan sel kanker di tubuh. Ia menekan pertumbuhan sel-sel kanker, memadamkan terbentuknya pembuluh darah baru yang djadikan tempat berkembangnya tumor.

Menghaluskan kulit

Teh hijau adalah antiseptik alami yang dapat mengurangi gatal-gatal maupun bengkak. Termasuk juga luka karena terbakar matahari dan sebagainya. Oleskan cotton pad yang telah diberi teh hijau ke luka kecil seperti tergores, memar, maupun terkena gigitan hewan.

Melindungi Kulit

Di dalam labolatorium, teh hijau yang dikonsumsi atau dioleskan langsung ke kulit dapat membantu memblok kanker kulit. Karena itu, cukup banyak produk moisturizer maupun sunscreen yang menggunakan ekstrak teh hijau.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang sehat berada di bawah 120/80. Studi menunjukkan bahwa mereka yang meminum setengah cangkir teh hijau sehari terbukti mengurang 50 persen risiko akan hipertensi. Kandungan teanin di teh hijau yang bersifat antihipertensif adalah kuncinya.

Melindungi Ingatan

Teh hijau bermanfaat untuk menjaga pikiran agar tidak linglung. Orang dewasa yang meminum teh hijau setidaknya dua gelas sehari dipercaya mampu membangan permasalahan kognitif dibandingkan mereka yang tidak.

Awet Muda

Semakin muda dan sehat pembuluh darah utama, maka semakin muda dan sehat pula Anda.Teh hijau dapat membantu melancarkan pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung maupun stroke. Seberapa banyak teh hijau yang dibutuhkan? Sekitar 10 ons setiap harinya. Teh hijau dapat pula menyerap lemak dan kolesterol dalam pembuluh darah.

Mengurangi Berat Badan

Teh hijau dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang sedang fitness dan berusaha menurunkan berat badan.
(sindo//tty)

Tidak ada komentar: