kebanggaan terbesar dalam hidup ... bukan karena tidak pernah gagal, tetapi bagaimana bangkit setiap kali jatuh

Senin, Agustus 09, 2010

Hb saya tinggi

Hari ini jum'at tanggal 4 Juni 2010 waktunya donor darah, nggak terasa sudah tiga bulan berlalu dari saat donor terakhir. Seperti biasanya jam 14 saya masukkan pendaftaran donor di basement 2 Menara Batavia... eh ternyata sudah no.63, selesai naruh kartu dan formulir, saya naik lagi ke lantai 6, mendingan tunggu di kantor.
Tepat jam 15 turun lagi ke basement, urutan donor sudah no.80 - terlambat?, gak apa2, sama pak petugasnya dipanggil ulang dan jadi nomor urut 85.
Ketika dites Hb, hasilnya 17,1 dan dinyatakan ditolak tidak boleh donor hari ini.
wah kaget juga, kata dokter yg meriksa tsb, paling tinggi untuk donor harus 17,0, beda cuma 0,1 gak boleh juga.


Akhirnya balik lagi ke kantor dengan tangan hampa... dan pengin tahu apa itu Hb coba2 nanya ke mbah google apa itu Hb..?
Hari Sabtu tanggal 12 Juni 2010, saya nggak putus asa, pagi2 setelah olah raga - bersepeda, pergilah ke PMi Cabang Bekasi, itu lho yang dekat alun2 Bekasi...
Seperti kegiatan rutin layaknya, langsung serahkan kartu Donor, lantas Hb diperiksa... hasilnya 16,0... yessss Alhmadulillah. Prosedur berikutnya tekanan darah diperiksa... hasilnya lengan sebelah kiri 90 lengan sebelah kanan 104.. artinya tekanan darah terlalu rendah dan tidak lulus alias tidak boleh donor.. karena minimal rata 2 tekanan darah adalah 110. Walah gagal maning....gagal maning son..!
Pulang dari PMI saya makan dan tidur se-pulas2nya.
Habis sholat mahgrib, diantar anak saya yag ketiga (Adi Aufarachman) dengan naik motor, datang lagi saya ke PMI.
Saya ceritakan bahwa tadi pagi bla bla bla..terus sama dokternya yang masih muda dan cantik, tekanan darah diperiksa hasilnya 116,... bukan saya saja yang senang dokter yang saya ceritakan cantik tadi itu, ikut senang dan bilang yesss.
Alhamdulillah hari itu terlaksana sudah donor darah saya yang ke 24. Dalam hati saya berdoa mudah2 an apa yang saya lakukan mendapat berkah dari Allah dan bermanfaat buat sesama... amin

Hemoglobin,
Tukang antar oksigen ke seluruh tubuh ..hemoglobin adalah suatu protein dalam sel darah merah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan di seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari jaringan tersebut dibawa ke paru untuk dibuang ke udara bebas *lha kalo pake masker? halah*.

Hemoglobin terbuat dari empat molekul protein (globulin chain) yang terhubung satu sama lain. Hemoglobin normal orang dewasa (HbA) terdiri dari 2 alpha-globulin chains dan 2 beta-globulin chains, sedangkan pada bayi yang masih dalam perut atau yang udah lahir terdiri dari beberapa rantai beta dan molekul hemoglobinnya terbentuk dari 2 rantai alfa dan 2 rantai gama, makanya dinamakan sebagai HbF.

hemoglobin Struktur Hemoglobin


Setiap rantai globulin mengandung sebuah struktur penting yang sebut sebagai molekul “Heme”, lha di molekul heme inilah zat besi melekat dan menghantarkan oksigen serta karbondioksida melalui darah, zat ini pula yang menjadikan darah kita berwarna merah. Hemoglobin juga berperan penting dalam mempertahankan bentuk sel darah yang bikonkaf (kayak donat buntu, lihat gambar), jika terjadi gangguan pada bentuk sel darah ini, maka keluwesan sel darah merah dalam melewati kapiler jadi kurang maksimal. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kekurangan zat besi bisa bikin anemia.

sel darah merah [640x480] Sel darah merah normal, bentuknya kayak donat buntu

Nilai Normal Hemoglobin

* Anak-anak 11 – 13 gr/dl
* Lelaki dewasa 14 – 18 gr/dl
* Wanita dewasa 12 – 16 gr/dl

Jadi kalo nilainya kurang dari nilai diatas bisa dikatakan anemia, kalo nilai kelebihan malah polinemis.

Jadi..? untuk saya masih normal.... cuma nggak boleh donor aja.. ya udah deh..

Sumber :http://www.juraganmedis.com/hemoglobin-mengenal-lebih-dekat-yuk.html


INI KUTIPAN TANYA JAWAB DI INTERNET YG KASUSNYA MIRIP SAYA
TANYA :
saya biasa donor rutin. tapi 8 bulan terakhir sy tidak pernah donor (karena kesibukan). tiga minggu terakhir saya cek tensi saya selalu 90/60. saya memang sering merasakan sedikit pusing. saya pikir karena kecapean.
kemarin saya mencoba mau donor. tapi pas dicek HB-nya terlalu tinggi (17,7), sementara max bisa donor 17.

Apa yg terjadi dlm tubuh saya? apa betul karena lama gak donor jadi ada perubahan mekanisme (darah) didalam tubuh saya?
apa yg harus saya lakukan agar semua bisa normal?

JAWAB (dr Susy)
Maaf bila menunggu jawaban dari kami, jadi langsung saja ya menjawab pertanyaan anda.
Bila melihat dari nilai Hb anda sebetulnya masih dalam batas normal (untuk pria nilai Hb normal : 14-18 g/dl). Berapakah biasanya Hb anda?
Usia dari eritrosit (sel darah merah) adalah 120 hari (kira-kira 3 bulan). Setelah 120 hari, eritrosit2 tsb dipecah dan bahan2 hasil pecahan tsb digunakan kembali untuk membentuk eritrosit2 yang baru. Oleh sebab itu biasanya untuk donor minimal 3 bulan sekali. Dikarenakan anda rutin mendonorkan darah anda, mungkin sekali terjadi peningkatan Hb karena terbentuknya eritrosit2 yang baru dengan bahan2 yang baru pula. Coba saja ditunda dulu keinginan donor anda dalam beberapa bulan (1-2 bulan) dan kemudian dicek kembali kondisi Hb anda.
Mengenai TD, berapakah biasanya TD anda? Biasanya bila TD menurun dapat dikarenakan beberapa hal, misalnya kecapean. Bagaimanakah aktivitas anda akhir2 ini dan kapankah anda mengukur TD? Biasanya TD di pagi hari lebih rendah dibandingkan siang hari. Coba untuk mengatur pola hidup anda dengan cukup istirahat, asupan makan yang bergizi dan olahraga yang teratur terlebih dahulu.
Apabila semua sudah dilakukan dan tidak ada perubahan sama sekali, anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter supaya dapat dicari penyebabnya dan mendapatkan penangan yang tepat.
Itu saja dari saya semoga dapat sedikit membantu anda, terima kasih.

Sumber :
http://www.tanyadokter.com/consultation-topic.asp?zona=CONS&discussionID=67940&discussionTypeID=32


KASUS/CERITA INI MIRIP JUGA
Rabu siang 14 February 2007, istri seorang rekan menelpon saya. Rupanya rekan saya tersebut sedang terserang demam berdarah dan membutuhkan transfusi darah untuk golongan darah B. Demam berdarah yang mewabah belakangan ini menyebabkan stock darah di PMI semakin langka, padahal saat itu dia membutuhkan 8 kantung darah untuk keperluan transfusi.

Jujur, saya belum pernah sama sekali melakukan donor darah. Ada keengganan dan sedikit rasa miris selama ini untuk melakukan donor darah, namun sepertinya saat itu memang sudah seharusnya saya mulai melakukannya. Untungnya teman sekantor yang biasa semobil saat berangkat dan pulang kerja memiliki golongan darah yang sama. Akhirnya kami memutuskan untuk berangkat ke bogor guna keperluan donor darah.

Karena hal ini pula saya baru tahu bahwa kadar kandungan hemoglobin di dalam darah saya cukup tinggi yakni 16,6 gm/dl (grams per deciliter). Normalnya seharusnya berkisar antara 14-16 untuk pria dan 12-14 untuk wanita (HowStuffWorks ). Meskipun demikian ada pula yang menyatakan kisaran 13.8 - 17.2 gm/dl untuk prian dan 12.1 - 15.1 gm/dl untuk wanita (MedlinePlus ). Dari semua yang donor darah hari itu, kadar hemoglobinnya dibawah 16, hanya saya saja yang berada diatas 16 .

Dari situs, howstuffworks diperoleh info bahwa gejala umum kekurangan kadar hemoglobin bisa menyebakan anemia, sedangkan kelebihan kadar hemoglobin dalam darah bisa menyebabkan polycythemia vera . Gejala polycythemia vera diantaranya adalah susah konsentrasi dan merasa gatal di kulit setelah mandi air panas => kok sepertinya kadang saya alami ya
Sumber :http://buyungakram.multiply.com/journal/item/33

1 komentar:

Anonim mengatakan...

DEar BApak Bambang,

terima kasih atas sharingnya.

saya juga mengalami hal yang sama, dan saya sangat shock karena hb saya 17.6. terkesan seperti saya sudah kena penyakit parah dan tidak boleh donor. Setelah baca pengalaman bapak, saya merasa lega.

Terima kasih atas informasi ini, semoga sharing bapak dapat berguna bagi semua orang, sehingga tidak takut salah informasi.

-- Jerry J M